Rabu, 03 Maret 2010

Ujian Nasional !!!

mati gaya gueeee ! gatau harus ngapain lagi selain nulis .. nulis .. gambar .. nyanyi .. hahaha.
well gue udah selesai ngerjain tugas-tugas dan tugas ngegambar desain rumah proyeksi & perspektif (ngga gampang buat gue, tapi asik hahaha).
yaah itung-itung buat menghibur diri sendiri lah.
ya gue memang selalu seperti itu kalau udah jenuh cape bete bosen dll.
ah gue cape jadi anak kelas 12 !! pengen cepet-cepet nyelesaiin sekolah dan lulus !!
banyak tugas .. ulangan .. dll.
well .. it's a duty for us sebagai pelajar .. dan ngga seharusnya gue mengeluh tentang hal ini.
hmm .. okay i have to make a deal about this .. gue harus terima sama semua ini.
tapi tolong dong .. pak .. bu .. tugasnya jangan bejibun .. belum lagi kita semua lagi ketakutan buat menghadapi UN.
okay .. bukannya takut .. sebenarnya kita udah siap karena semua materi sudah disampaikan.
tapi sugesti ini itu membuat kita semua parno dan takut ngga lulus.
kayanya tuh dibikin berat dan membuat kita makin terbebani deh !
emang sih niatnya bagus .. yaitu supaya kita semua makin mempersiapkan diri dan belajar lebih giat.
tapi atulah plis euy .. semua orang juga punya titik kejenuhan kali.
apa gue nya aja ya yang berpikiran kaya gitu ? hahaha.

kadang-kadang gue suka heran deh .. udah belajar mati-matian .. belajar sekuat tenaga gataunya ada bocoran jawaban & soal-soal UN dimana-mana.
okay .. gue bukannya ngga setuju atau gimana-gimana .. tapi itu malah menjadi tanda tanya juga buat gue.
kalau memang iya ada bocoran jawaban .. kenapa kita harus terpaku sama kepasrahan dan mengharap bocoran jawaban itu ?
guru-guru udah susah-susah menjelaskan materi gataunya kita bisa dengan santai dan menjawab "gausah belajar lah .. ntar juga dapet jawabannya"
oh WELL mau jadi apa kalau udah jadi "orang" nanti ?
gimana kalau jawaban itu salah semua ? gimana kalau jawaban itu bukan sepenuhnya betul dan mengakibatkan kita ngga lulus UN ?
hmm .. kalo gue pribadi sih ya .. misalkan gue ngerjain soal trus dapet jawaban soal yang gue gabisa itu, gue cuman bisa pasrah dan asal nembak aja .. kali aja jitu .. dan emang sebagian besar tembakan gue selalu melenceng hahaha -_-
setelah gue mengambil kesimpulan .. gue interogasi satu-satu beberapa pelajar kelas 12 ini .. mereka dengan jujur menjawab semakin dekat UN semakin malas untuk belajar dan merasa jenuh bahkan capek.
dan memang gue juga merasakan hal yang sama hahaha.
ada yang bilang .. "otak gue udah ngga sanggup lagi deh .. belom lagi UN yang bikin gue deg-degan .. udah gitu UAS .. trus ujian praktek .. aaarrgghh !! jadi capek sekolah kalo gini caranya !"
wah edan .. beberapa pelajar ini hampir sepikiran sama gue hahaha.
ternyata yang kita rasakan sama .. bukan malas untuk sekolah .. tapi mungkin diantara beberapa pelajaran yang mereka pelajari itu ada satu atau dua mata pelajaran yang kurang mereka sukai.
misalnya gini .. gue kurang suka sama kimia dan bahasa inggris .. tapi kedua pelajaran itu di-UN kan .. mau ga mau gue harus menyukai kedua pelajaran itu dan mempelajarinya karena istilah "terpaksa".

kenapa sih harus ada UN ? memang sih departemen pendidikan mengadakan UN supaya mereka tahu seberapa batas kemampuan sekolah-sekolah di negeri ini.
tapi kalau ada bocoran jawaban kaya gini sih .. apa itu salah satu cara untuk mengukur kemampuan tiap sekolah ? percuma dong ya ?
terus kalau standard nilai ketuntasan yang cukup tinggi .. apakabar sama pelajar-pelajar yang kurang mampu mengejar pelajaran itu ?
apalagi sistem pembelajaran yang terkadang berubah-ubah .. KBK lah KTSP lah .. gitu aja terus.
dan juga sistem pembelajaran Indonesia ini masih 60 persen teori dan 40 persen praktek loh .. kenapa ngga 50:50 aja sih yeeeh -_-
apa mungkin semua pelajar yang dikatakan "pemalas" akan terus bangkit dan mengejar kemampuan mereka ?
itu sih tergantung diri mereka masing-masing deh kayanya .. mau ga mau harus ngikutin lah.
tapi sayangnya mereka cenderung semakin malas -_- oh meeeeeen.
eh bingung deh sebenernya gue protes apa nanya sih ? hahaha.
gue cuman penasaran aja sih .. kenapa gini kalau kenyataannya gitu .. gimana caranya supaya bisa gini dan bisa gitu.
bingung ya ? gue juga bingung gimana caranya dan seharusnya seperti apa dan bagaimana.

sebenarnya apa sih yang membuat para pelajar itu malas ?
semua orang punya jawaban tersendiri kali yaa .. tapi apa mungkin kita harus menyukai semua pelajaran yang kita suka ?
kalau mau jujur sih .. gue kurang suka sama matematika .. dan jujur setiap kali gue mati-matian belajar matematika yang ada malah emosi ! hahaha.
gue pengen cepet2 lulus kenapa ? karena gue bisa lepas dari beban dan bisa memilih jurusan yang gue suka.
okay gue hanya bisa mengandalkan bakat dan talenta gue .. hanya itu .. otak kanan gue lebih berjalan dengan baik dibanding otak kiri gue.
jadi gue bisa bebas berekspresi nantinya dibandingkan harus menjalani sesuatu yang .. maaf .. kurang gue suka.
gue tahu .. itu sangat penting bagi gue .. bukannya gue benci sama pelajaran itu atau gimana yaa .. mungkin kemampuan gue di bidang matematika dibilang kurang .. semua orang memiliki kelebihan di bidangnya tersendiri dan itu memang benar.
well .. kalau gitu .. kenapa semua orang nggak dibiarin lulus aja ?
kan kemampuan setiap orang itu nantinya akan ketahuan disaat kita kuliah nanti ?
apa mungkin akan menjadi mahasiswa abadi .. atau drop out (ih .. naujubilah) .. atau lulus dengan nilai IP yang tinggi .. atau gimana-gimananya kan kita nggak tahu.
lagian kalaupun kita lulus 100% semuanya (amin) selanjutnya kan terserah kita mau melanjutkan atau tidak.
bener ga sih argumen gue tentang hal ini ?
gue perlu kritikan .. saran .. dan masukkan yang lebih nih .. supaya gue lebih mengerti untuk apa UN diadakan.
inget ya ! gue bukannya protes ataupun menolak adanya UN .. tapi gue masih perlu penjelasan yang lebih real dan masuk akal deh supaya gue juga ngga banyak nanya ke guru-guru.
hahahahaha maaf kalau blog hari ini gue rada ngarang .. wkwkwkwk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar